Jenis Website

Berbagai jenis website atau situs web memiliki tujuan yang berbeda tergantung pada siapa audiens yang dituju. Beberapa situs web diarahkan untuk menjual produk dan situs-situs web yang lain diarahkan untuk menyediakan informasi, sementara yang lainnya lagi hanya untuk hiburan. Mari kita lihat beberapa jenis website yang ada di luar sana.

Website Informasi

Website yang bertujuan untuk menyampaikan informasi tertentu yang berguna untuk pengguna / pemirsa tertentu sehingga pembaca belajar sesuatu yang baru atau memahami suatu topik. Website ini lebih ditujukan pada informasi yang berupa petunjuk dan mungkin berisi “bagaimana itu”, tips dan trik, memperbaiki dan perbaikan, bimbingan, dukungan informasi, arah, petunjuk, dll

Website Entertainment

Website ini menampilkan informasi yang menghibur bagi pengunjung, seperti majalah online, yang berorientasi gosip, berita selebriti, cakupan olahraga, film, seni, situs lucu, dll Website ini dirancang untuk mudah dinavigasi dan sering diperbarui untuk menjaga agar pengguna datang kembali untuk mengikuti informasi lebih lanjut. Website dapat dibuat lebih menarik dengan memasukkan konten dinamis, seperti video, podcast, slideshow, dll

Website E-Commerce

Tujuan dari website e-commerce adalah menjual produk kepada pengguna. Situs-situs yang paling sukses secara hati-hati dioptimalkan untuk mencapai persentase pembelian yang tinggi. Ada banyak elemen penting yang masuk ke dalam membangun sebuah website e-commerce yang sukses, yaitu dengan memberikan kemudahan selama proses pembelian, seperti menyediakan keranjang belanja (shopping cart), membuat halaman checkout yang mudah, aksesnya cepat dan menarik, memelihara pembeli terakhir untuk kembali membeli lagi, pemasaran ulang untuk pengunjung masa lalu yang belum membeli, menggunakan pilihan pembayaran yang tepat, memiliki desain yang mobile-ready, dll. Website jenis ini sering juga disebut Online Shop (Toko Online).

Website Bisnis Berbasis Layanan

Tujuan dari situs bisnis berbasis layanan adalah untuk meyakinkan pengunjung website mengapa mereka harus menjadi pelanggan. Hal ini dilakukan dengan memposisikan perusahaan sebagai penyedia layanan/jasa berpengalaman yang layak diandalkan dan dipercaya. Website jenis ini sering juga disebut website Company Profile (website profil usaha/perusahaan).

Pengunjung akan mencek lebih dulu penyedia layanan potensial dengan meninjau situs mereka sebelum mereka membuat panggilan telepon. Selama proses ini, mereka mencoba untuk menemukan perusahaan terbaik yang akan memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Mereka mencoba untuk memastikan seberapa ahli perusahaan tersebut, kualitas pekerjaan yang akan mereka tenerima, apakah provider memiliki reputasi yang baik dan berapa lama perusahaan telah menjalani bisnisnya. Pengunjung dapat dibantu dengan menyediakan informasi dan artikel yang menunjukkan pengetahuan Anda, portofolio pekerjaan, video, testimonial pelanggan dan sebagainya.

Web Blog

Tujuan dari sebuah blog adalah untuk memberikan informasi pada halaman web yang diperbarui secara berkala, biasanya dioperasionalkan oleh individu atau kelompok kecil, yang ditulis dalam gaya informal atau percakapan. Blog dapat dimulai secara online dengan sangat mudah dengan menggunakan sejumlah layanan gratis, seperti wordpress.com. Ada banyak blog pribadi dan profesional di luar sana yang menghibur untuk dibaca dan yang memberikan wawasan yang sangat pribadi ke dalam kehidupan seseorang. Blog bisa untuk tujuan hiburan atau digunakan sebagai jurnal online atau digunakan oleh perusahaan untuk mempertahankan pelanggan mereka mengikuti apa yang sedang terjadi. Ciri khas dari sebuah blog adalah bahwa hal itu sangat mudah bagi orang yang tidak terlatih untuk menanganinya dengan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis.

Website Social Media

Tujuan dari situs media sosial untuk membuatnya sangat mudah untuk berbagi dan terhubung dengan teman-teman, keluarga, rekan kerja, kenalan dan bahkan orang asing. Situs media sosial membuat pekerjaan cepat dan mudah dari membangun jaringan koneksi sehingga tetap berhubungan, pengalaman sehari-hari berbagi, foto, minat, preferensi, dll Jaringan sosial dapat digunakan untuk kedua tujuan pribadi dan komersial. Bisnis menggunakan jaringan sosial untuk membangun hubungan langsung dengan pelanggan mereka yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan umpan balik pada produk dan layanan mereka dan memungkinkan mereka untuk belajar lebih banyak tentang apa yang pelanggan mereka benar-benar ingin dan butuhkan.